Laman

Minggu, 05 Juli 2015

Laporan Media Pembelajaran

Laporan Pembuatan Media Pembelajaran
“JAM ANDITA”

A.    Latar Belakang
Pada era modern saat ini, pendidikan di Indonesia akan mengalami kemajuan jika didukung dengan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Media pembelajaran digunakan untuk menjelaskan materi belajar kepada siswa agar dapat memudahkan siswa dalam memahami dan memberikan ingatan yang kuat kepada siswa. Untuk itu media pembelajaran yang edukatif sangatlah dibutuhkan.
Media pembelajaran dapat dibuat sendiri oleh guru, hanya dengan memanfaatkan benda atau barang bekas di lingkungan dan kreatifitas guru maka suatu media pembelajaran edukatif pun terbentuk.
Maka dari itu, kami sebagai calon guru membuat suatu media pemvelajaran edukatif yang kami beri judul “Jam Andita”. Kami memanfaatkan barang bekas di sekitar lingkungan tempat tinggal kami. Kami mengaplikasikan kalender bekas sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Jam Andita sendiri mempunyai singkatan yaitu Jam Analog dan Digital. Dasar pembuatan media pembelajaran ini dikarenakan, pada awalnya siswa kelas 3 SD belum dapat membaca jam dengan baik. Mereka hanya mendapatkan teori saja dari buku. Untuk praktik langsungnya sendiri belum ada, hanya sebatas mengamati jam saja. Untuk itu, kami membuat media ini agar siswa dapat secara langsung mempraktikkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan mereka dapat membaca jam dengan sendirinya.

B.     Materi
Mengenal jam :
·      Dibaca “pukul dua belas”, ditulis “pukul 12.00”.
·      Jarum panjang menunjuk tepat angka 12.
Jarum pendek menunjuk angka 8.
Tanda waktu dibaca “pukul delapan”, ditulis “pukul 08.00”.


1 Hari = 24 Jam
1 Jam = 60 menit
1 menit = 60 detik

Didalam jam analog terdapat jarak antara satu angka dengan angka yang lainnya. Jarak tersebut terpaut 5 menit, layaknya jam asli seperti biasanya. Sehingga dalam membaca jam buatan kami sama dengan cara membaca pada jam asli.

C.    SK/KD/INDIKATOR
Standar Kompetensi
1.      Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
Indikator
2.2.1 Dapat membaca tanda waktu dan menaksirkan lama waktu.
2.2.2 Dapat membaca waktu pada jam analog secara benar.
2.2.3 Dapat membaca waktu pada jam digital secara benar.
2.2.4 Dapat menentukan waktu pada jam digital secara benar.
Tujuan
1.      Siswa dapat membaca tanda waktu dan menaksirkan lama waktu.
2.      Siswa dapat membaca waktu dengan menggunakan jam analog secara benar.
3.      Siswa dapat membaca jam digital secara benar.
4.      Siswa dapat menentukan waktu dengan menggunakan jam digital.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Komunikatif)
Strategi            : Active Learning
Metode            : Ceramah dan Diskusi
·           Cara memanfaatkan media
1.      Guru meminta salah satu siswa untuk memainkan kartu geprek.
2.      Kemudian siswa yang menang dapat menagambil soal pada kotak soal yang sudah disediakan.
3.      Siswa disuruh menjawab soal tersebut. Apabila siswa dapat menjawab dan dapat mempraktikkan dengan benar, maka ia mendapat bintang, yang dapat diambil pada kotak jawaban.
4.      Apabila siswa tersebut dapat menjawab soal, tetapi tidak dapat mempraktikkannya, maka soal tersebut harus dikembalikan.
5.      Apabila ada siswa yang tidak dapat menjawab soal tersebut pada waktu bermain, maka dapat melempar pertanyaan tersebut kepada pihak lawan.
6.      Kelompok maupun individu yang mendapatkan bintang paling banyak, maka dialah pemenangnya.

D.    Evaluasi
1.      Evaluasi Kelompok
Untuk kelompok 4 MPICT kelas 4A sendiri dalam membuat media pembelajaran ini mengalami kendala dikarenakan kurangnya koordinasi dan komunikasi di antara anggota kelompok. Pada awalnya kami mempunyai konsep untuk membuat media pembelajaran ular tangga, tetapi dengan adanya banyak pertimbangan maka pada akhirnya kami membuat media pembelajaran JAM ANDITA (Jam Analog dan Digital) ini. Pada konsep awal dari Jam Andita ini, kami sebenarnya ingin menggantung media pembelajaran ini di dinding, agar memudahkan guru dalam menerangkan di depan kelas sehingga semua murid dapat mengamati dengan seksama. Tetapi kami mengalami kendala pada pembuatan jam digitalnya sendiri. Sehingga pada akhirnya, kami sepakat untuk membuat media pembelajaran kami ini ke dalam bentuk 3D (Tiga Dimensi).
2.      Evaluasi Media
Kelebihan:
a.       Dapat dimainkan secara individu maupun kelompok.
b.      Dapat dipraktikkan secara kongkrit.
c.       Aman untuk digunakan siswa.
d.      Dapat dimanfaatkan jangka panjang.
e.       Dapat langsung dimainkan siswa tanpa bimbingan dari guru.
Kelemahan:
a.       Cara memainkannya terlalu rumit.
b.      Pembuatan media cukup rumit.
c.       Bentuk bangun 3D kurang melekat dengan erat, sehingga dikhawatirkan akan mudah terlepas.
Untuk itu kami mengharapkan kritik, saran serta bimbingan agar pembuatan media pembelajaran kami ini dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi. Untuk kedepannya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar dengan baik. Membantu meringankan tugas guru serta membantu siswa dalam belajar.

E.     Dokumentasi


Oleh : Rima Yunika Pratiwi (A510130040/4A)

1 komentar:

  1. Saya telah membaca artikelnya, mohon izin mengcopy karena saya belum pernah mebuat sebelumnya. Terimakasih atas berbagi pengalamannya.

    BalasHapus