Laman

Rabu, 01 April 2015

REVIEW STORY BIRD

Di kesempatan semester 4 ini saya mengambil mata kuliah MPICT. Bayangan pertama yang saya pikirkan pastinya berhubungan dengan sebuah teknologi komputer, dimana saya akan menghabiskan waktuku seharian berlama lama di depan laptop. Bisa dibayangkan ? betapa perihnya mata ini dan kepala menjadi pusing, karena tugas tak kunjung selesai, heheee hya nggak?? Hmmm….

Ternyata Mata kuliah MPICT sendiri mempelajari tentang media pembelajaran berbasis teknologi yang nantinya akan bermanfaat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Namanya juga calon guru SD, perkuliahan tidak akan pernah jauh dari media pembelajaran anak anak, hahaa…. Pembelajaran kali ini membahas mengenai storybird. Apa itu STORYBIRD?




     Mungkin kalian akan merasa asing dengan istilah seperti itu…kalau iyaaaaaa? Jawaban kita memang sama. Soalnya saya juga baru dengar istilah itu di semester 4 ini. Storybird sendiri merupakan aplikasi online yang digunakan untuk membuat suatu cerita bergambar yang menarik. Dengan Storybird kita dapat membuat suatu cerita pendek dengan cara menggabungkan beberapa gambar sesuai dengan tema cerita yang kita inginkan. Kegiatan seperti ini, sangat dibutuhkan kepintaran dalam mengolah kata dan menyusun gambar yang sistematis, tujuannya agar penyampain isi cerita dapat dipahami para pembaca. Menariknya di storybird ini terdapat bermacam-macam tema yang sudah disediakan akan tetapi kita juga bisa mencari tema lain yang kita inginkan.

Dengan storybird diharapkan dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik nantinya akan lebih mudah menerima materi pembelajaran karena adanya tampilan cerita bergambar. Dibandingkan guru yang hanya berceramah saja dan akhirnya peserta didik menjadi bosan.

Dalam sebuah aplikasi akan terdapat yang namanya kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan storybird yaitu pastinya lebih praktis, kalaupun ada kesalahan kita hanya perlu mengedit lagi, ditambah cerita yang dibuat akan lebih menarik karena dilengkapi dengan gambar sesuai dengan latar belakang yang kita pilih. Untuk kekurangannya yaitu masih munggunakan bahasa inggris sehingga pengguna akan kesulitan dalam penerjemahan.

Untuk dapat membuat sebuah cerita kita harus memiliki akun storybird terlebih dahulu. Setelah kita terdaftar di akun storybird kita bisa memulai untuk membuat sebuah cerita yang menarik.
Untuk membuat akun storybird, caranya sangat mudah yaitu
1.  Login di www.storybird.com
2. Klik Sign Up For Free
3. Pilih Choose Account Type (memilih akun storybird)
4. Kalo untuk umum pilih Personal - Regular
5. Kemudian isikan semua data :
    - Username
    - Email
    - Password
    - Age Range
    - Gender
    - Klik Terms - I Agee to the Terms of Service (setuju)
6. Pilih Create Account


Setelah akun storybird jadi kita bisa login dengan ID atau email kita caranya :
1. Login d www.storybird.com
2. Pilih Sign In below
3. Masukkan username (nama pengguna) atau alamat email
4. Masukkan password yang teah dibuat
5. Kemudian klik Sign In

Kalau semuanya sudah siap, langsung saja kita memulai untuk membuat sebuah cerita bergambar yang menarik.

Itulah sedikit pengetahuan saya mengenai storybird, semoga bermanfaat….

Posted By: Harry Prasetya (NIM: A510130010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar